3 Hal yang Mempengaruhi Kebiasaan Seseorang

By | August 1, 2016 |
120 views

3 Hal yang Mempengaruhi Kebiasaan Seseorang

Di dalam kehidupan sehari-hari masing-masing kita mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki kebiasaan selalu bangun pagi, membaca buku, menulis diari, membaca novel, olah raga  atau bahkan mungkin ada yang sering ketiduran di dalam kelas. Nah, sebenarnya apa sih kebiasaan itu?

 Kebiasaan itu merupakan kegiatan yang sering kita lakukan secara berulang-ulang. Kita melakukan kegiatan atau pekerjaan itu setiap hari tanpa kita sadari dan hal itu sudah ter-save di otak kita, dan kita melakukannya bahkan secara tidak sadar! Masa sih? Iya, pernahkah kamu perhatikan ketika kamu sedang menyebrang jalan? Apakah kamu akan mengontrol kakimu ketika berjalan dan memerintahkan kaki untuk terus berjalan agar tidak tertabrak kendaran? Tidak mungkin kan 😀 yup, itulah yang dinamakan alam bawah sadar. Alam bawah sadar itu seperti sebuah gunung es di lautan. Pernah ngebayangin ga? Coba deh, searching di google fotonya yah J Iya, gunung es itu yang nampak di permukaan itu lebh sedikit daripada yang ada di dalam lautan. Karena alam bawah sadar itu sebagian besar sangat menentukan keberhasilan kita. Begitu pula dengan kebiasaan, karena kita sering melakukannya secara berulang-ulang maka terkadang secara tidak kita sadari kita melakukannya tanpa bisa kita kendalikan.

Kebiasaan itu ada yang baik dan ada pula yang jelek. Lho kok bisa? Ya iyalah kan mereka sudah lama berjodoh hehe.. Kebiasaan yang baik tentu akan banyak manfatnya bagi diri sendiri maupun orang lain seperti kebiaasan berolahraga, senang membantu orang lain, tidak merokok, rajin menabung, suka membaca buku dan lain sebagainya. Namun sebaliknya dengan kebiasaan yang jelek, itu sangat sangat tidak dianjurkan 😀 seperti membuang sampah sembarangan, berkata bohong,  merokok, berbicara kasar, dan lainnya. Karena sangat pentingnya kebiasaan yang sering kita lakukan sampai sampai Samuel Smiles menuliskan sebuah syair tentang kebiasaan berikut :

Taburkanlah suatu pikiran, maka kamu akan menuai perbuatan;

Taburkanlah suatu perbuatan, maka kamu menuai kebiasaan;

Taburkanlah suatu kebiasaan, maka kamu akan menuai karakter;

Taburkanlah suatu karakter, maka kamu akan menuai takdir.

Nah lho kebiasaan bisa bikin jadi takdir kita kata Samuel Smiles. Tapi kalau dipikir-pikir ada benarnya juga sih. Coba deh kita ingat-ingat, ada ga kebiasaan tertentu yang harus kita lakukan agar kita berhasil mencapai tujuan? Pasti ada dong yah, karena kalau tidak kita tahu kita tidak akan pernah mencapai tujuan tersebut. Bicara tentang kebiasaan ada faktor-faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kebiasaan kita. Diantaranya sebagai berikut :

1. Orang lain.

Kenapa orang lain bisa mempengaruhi kebiasaan kita? Hmm… pernah dengar ga ada pepatah yang mengatakan bergaul dengan penjual minyak wangi itu lebih baik daripada bergaul dengan seorang pandai besi? Iya, kalau berteman dengan penjual minyak wangi kan lumayan bisa kecipratan wanginya, kalau sama pandai besi? Lumayan lah dapet ilmu dan panas dari besi yang mendidih. Tapi bukan begitu, sebenarnya pepatah itu mengingatkan kita bahwa orang lain itu sangat mempengarungi kebiasaan kita. Baik itu orang tua, saudara, kerabat, teman, atau sahabat pun dapat mempengaruhi kebiasaan yang kita lakukan. Misalnya, kita punya teman yang pintar dan mau berbagi ilmunya. Di saat ada mata pelajaran yang tidak kita mengerti kita bisa tuh minta tolong sama dia bagaimana mencari solsinya, atau mungkin kita akan bertanya padanya bagiamana cara ia belajar agar kita dapat menirunya. Dan ketika kita dekat dengan teman yang suka membuang sampah sembarangan, mungkin awalnya kita tidak akan terpengaruh namun lama-lama kita akan terbiasa melakukan sesuatu yang dilakukan orang-orang terdekat kita.

2. Lingkungan

Masa sih lingkungan dapat mempengaruhi kebiasaan? Ok, coba kita lihat deh orang-orang yang tinggalnya di lingkungan kumuh di kolong jembatan. Adakah kesadaran dari mereka untuk minimal merapikan lingkungan tersebut yang sebenarnya itu fasilitas umum? Yah, karena kebiasaan mereka terbiasa dengan lingkungan kumuh dan tidak mempunyai kesadaran untuk menjaganya. Kita juga jika bergabung dengan mereka lama kelamaan akan terbiasa dengan lingkungan seperti itu. Atau kita coba ikut dengan lingkungan di dalam perpustakaan.  Sudah pasti kan di dalamnya orang-orang yang suka banget dengan membaca. Awalnya mungkin kita bingung mau ngapain di perpustakaan, mulanya kita akan mengambil buku yang menarik perhatian kita dan akhirnya yes, kita juga ikut membaca.

3. Diri sendiri.

Mau bagaimanapun orang lain dan lingkungan, tetap kitalah yang dapat mengendalikan diri kita sendiri. Hanya kita yang dapat memilih kebiasaan kita. Mau melakukan kebiasaan baik yang menguntungkan ataukah kebiasaan jelek yang kebanyakan merugikan. Misalnya lagi noh, minggu depan tuh ada ujian di kampus atau sekolah, hari ini kamu berniat akan belajar untuk menguasai materi mapel tersebut agar mendapat nilai yang kamu harapan, tapi teman kamu menelpon ngajak nonton bareng. Disinilah pentingnya keputusan yang akan kamu ambil. Semuanya tergantung pada kebiasaan kamu, apa kamu teguh akan memperjuangkan keinginanmu atau kamu dapat dipengaruhi oleh ajakan teman yang dapat menghambat tujuanmu. Semuanya kamu yang memutuskan.

Itulah tiga hal yang mempengaruhi kebiasaan seseorang. Semoga bermanfaat