3 Penyakit Hati Manusia

By | July 26, 2016 |
104 views

3 Penyakit Hati Manusia

anfaku.com – Penyakit manusia dapat dibedakan dalam kategori besar, yaitu penyakit hati (ruhani) dan penyakit jasmani. Penyakit hati ini sering tidak disadari keberadaannya oleh manusia pdahal manusia itu sendiri sering sekali mengalaminya. Maka dari itu disini penulis InsyaAllah akan mencoba menjelaskan beberapa macam penyakit hati yang terdapat di dalam Al-Qur`an.

  1. Ragu-ragu terhadap kebenaran.

Sifat keragu-raguan datangnya dari syaitan. Ia tidak ingin manusia menuju jalan yang diridhoi oleh Allah SWT dalam kebenaran. Oleh karena itu syaitan selalu menghalang-halangi manusia dengan menghembuskan dalam hati dan pikirannya sifat ragu terhadap petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Ketika seseorang mulai merasa ragu pada apa yang disampaikan oleh Allah dan Rasul-Nya makaia senantiasa akan meninggalkan apa yang diprintahkan oleh Allah SWT kepadanya. Dan hal ini diisyaratkan di dalam firman Allah SWT yang artinya :

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya

(Q.S. al-Baqaah [2] : 10)

  1. Kesalahan menyia-nyiakan shalat dan mengikuti nafsu syhwat.

Shalat merupakan rukun islam yang ke dua yang harus dijalankan seorang muslim. Allah memerintahkan seorang muslim untuk mendirikan shalat supaya ia selalu mengingat Allah dalam kehidupannya. Selain itu sudah banyak ditemukan penelitian tentang manfaat gerakan shalat bagi tubuh manusia serta psikologis manusia. Salah satunya adalah sebagai meditasi untuk membantu proses relaksasi tubuh setelah melakukan segala aktivitas. Maka tidak heran jika kemudian banyak orang pada hari ini yang sering mengalami stres saat atau setelah melakukan aktivitasnya dan setiap menpatkan masalah di dalam hidupnya, maka perlu ditanyakan apakah kita sudah mendirikan shalat atau belum sesuai yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah SAW? Dan ketika kita menyadarinya maka bersegeralah kita untuk memperbaiki shalat kita.

Sementara itu nafsu syahwat adalah mengikuti semua yang diinginkan tanpa memperdulikan aturan Allah SWT dan Rasul-Nya. Dan mungkin di dalam pikiran kita akan bertanya, mengapa kita harus mentaati aturan Allah dan Rasulnya? Allah adalah pencipta dunia beserta isinya termasuk kita sebagai manusia. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan Maha Mengetahui apa yang dirahasiakan dan apa yang terlihat dari semua ciptaan-Nya. Begitu pula bagi manusia sebagai khalifah di bumi ini, Allah mengutus para Rasul-Nya untuk memberi contoh menjalani dan mengatur kehidupan agar ia selamat dari setiap keburukan. Termasuk keburukan dirinya sendiri yaitu mengikuti hawa nafsunya. Sebagaimana diisyaratkan dalam firman Allah ta`ala yang artinya :

Yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan

(Q.S. Maryam [19] : 59)

  1. Lalai dan buta mata hatinya dari Allah SWT.

Allah SWT telah menguji manusia dengan perintah dan larangan. Dan masing-masing dari perintah dan larangan tersebut Allah memberi ganjarannya. Namun banyak manusia yang lupa dari tujuan penciptaannya di dunia yaitu sebagai seorang hamba yang menghamba kepada Allah SWT. Mereka lalai akan melaksanakan perintah-Nya dan kelalaian itu membuat hatinya buta, tidak mengenal atau mengingat Allah lagi.

Sebagaimana diisyaratkan dalam firman Allah ta`ala yang artinya :

Hati mereka dalam keadaan lalai

(Q.S. al-Anbiya [21] : 3)

Dan di dalam firman-Nya yang lain yang artinya :

Karena sesungguhnya bukanlah, mata itu yang buta, tetapi yang buta , ialah hati yang ada di dalam dada

(Q.S. al-Hajj [22] : 3)

Demikian beberapa penyakit hati yang penulis ketahui. Semoga bermanfaat bagi semuanya, baik bagi penulis sendiri maupun yang membacanya. Semoga Allah SWT selalu senatiasa menjaga kita agar terhindar dari penyakit hati tersebut. Aamiin.

Daftar Pustaka : Abdullah, Muhammad Mahmud.2010.Sembuhkan Penyakitmu dengan Al-Qur`an.Yogyakarta : Beranda.

Save