6 Cara Mengatasi Stress

By | February 26, 2013 |
91 views

 

6 Cara Mengatasi Stress

anfaku.com – Menghadapi masalah adalah hal yang biasa dalam kehidupan. Namun terkadang banyak orang yang merasa tidak mampu menghadapinya sehingga mengalami tekanan dan depresi. Depresi yang parah dapat menurunkan dalam tubuh sehingga kita mudah terserang penyakit. Padahal banyak sekali cara – cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress tersebut. Inilah beberapa kiat ketika anda mengalami stress.
1. Ingatlah ini ujian dari Allah.
Ketika kita sedang menghadapi masalah dan merasa tidak mampu menghadapinya ingatlah bahwa ini semua hanya ujian dari Allah. Dia tidak pernah membebani hamba-Nya diluar kemampuannya. Seperti dalam firman-Nya : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al Baqarah : 286)
2. Membaca Al Qur’an.
Sesuai firman Allah dalam Al Qur’an: “ Katakanlah: “al Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang beriman.”” (Q.S. Fushshilat : 44 )
3. Bersikap tenang dan jangan terlalu menekan diri.
Tenangkanlah diri kita saat menghadapi masalah. Sifat itu dapat membantu kita terhindar dari stress yang terkadang mengganggu pikiran kita sehingga otak kita sulit untuk konsentrasi.
4. Bincangkan masalah dengan orang yang dipercaya.
Tidak ada salahnya menceritakan masalah kita kepada orang – orang yang dipercaya, misalnya orang tua, sahabat ataupun saudara. Hal itu dapat meringankan beban masalah yang kita hadapi.
5. Ingatlah masih ada orang lain yang lebih susah.
Saat masalah datang terkadang kita merasa kitalah yang paling malang di dunia ini. Padahal di sekitar kita masih banyak orang yang mendapat masalah lebih sulit dari kita dan mereka dapat menghadapinya. Dengan berpikir seperti itu masalah yang kita hadapi terasa lebih kecil dan mudah untuk menyelesaikannya.
6. Nikmati setiap masalah/ enjoy the problem.
Masalah itu hal yang unik. Allah memberikan msalah yang berbeda – beda kepada setiap hamba-Nya sesuai kemampuan yang dimilikinya. So nikmatilah setiap masalah yang ada. Itu hanyalah sebuah ujian dan yakinkan pada diri pasti ada jalan keluarnya.