6 Tips Mudah Mengatur Uang Saku

By | February 20, 2013 |
624 views

Tips Mudah Mengatur Uang Sakuanfaku.com – Bagi para pelajar ataupun mahasiswa sangat sulit sekali rasanya untuk mengatur uang saku. Banyak sekali ajakan – ajakan teman yang membuat kita harus menguras uang yang ada. Contohnya makan – makan di kafe, pergi shoping, jalan – jalan ataupun sekedar hangout di mall. Padahal selain itu semua banyak juga tugas kuliah ataupun sekolah yang memerlukan biaya lumayan besar dan itu tentu harus lebih diutamakan. Seperti biaya ke warnet, ngeprint, menjilid tugas, foto copy, ataupun biaya transportasi. Memanganya anda mau kuliah ataupun sekolah anda tidak lulus karena lalai mengerjakan tugas?Tentu tidak bukan. Baiklah disini saya akan menulis beberapa tips agar anda dapat mengatur uang saku lebih hemat dan bijak.
1. Pulanglah langsung ke rumah setelah pulang sekolah ataupun kuliah.
Dengan langsung pulang sekolah anda akan terhindar dari ajakan teman yang tidak penting seperti nongkrong di warung – warung atau hanya ngobrol – ngobrol di kafe untuk hal yang tidak penting lainnya. Meskipun tadinya anda tidak berniat untuk membeli sesuatu disana namun itu tidak menjamin anda tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli makanan.
2. Bawalah bekal makan siang atau cemilan dari rumah.
Dengan membawa makanan dari rumah kita bisa menghemat uang saku supaya tidak jajan di sekolah . Uang yang diberikan dari ortu dapat kita tabung ataupun dibelikan untuk keperluan sekolah.
3. Bepergian dengan menggunakan kendaraan umum.
Ketika kita akan bepergian menggunakan kendaraan umum adalah cara yang terbaik untuk berhemat. Selain murah ongkosnya kita juga dapat lebih santai karena tak perlu konsentrasi mengemudikan mobil atau mengendarai motor.
4. Biasakan untuk menabung.
Menabung sangat penting bagi mahasiswa ataupun pelajar. Dengan menabung kita dapat merencanakan anggaran masa depan yang lebih baik, misalnya jika ada keperluan mendadak kita dapat menggunakan uang tabungan untuk biaya itu dan tak perlu repot – repot meminjam uang kepada teman.
5. Buatlah catatan pengeluaran uang bulanan.
Catatlah daftar pengeluaran bulanan anda di sebuah buku khusus untuk keuangan. Coretlah daftar yang menurut anda tidak terlalu penting sehingga uangnya dapat disimpan untuk ditabung.
6. Cari tambahan penghasilan.
Tidak ada salahnya anda mencoba untuk menambah uang saku dengan penghasilan sendiri. Jangan ragu untuk memulainya supaya anda bisa membiasakan hidup mandiri. Contoh pekerjaan yang dapat dikerjakan mahasiswa ataupun pelajar seperti kerja part time, freelance, berjualan, ataupun berwirausaha.

Comments

  1. Abbidin says:

    Sangat bermanfaat….

  2. Belajar Cerdas says:

    Mungkin disela-sela istirahat sekolah bisa dimanfaatkan untuk berjualan makanan ringan, kan lumayan bisa menambah penghasilan.