Ada Apa dengan Wajahmu?

By | July 27, 2016 |
131 views

Ada Apa dengan Wajahmu

anfaku.com – Pernahkah suatu saat Anda bertemu dengan orang yang memiliki raut muka yang cemberut? Bibir yang sengaja dimonyongkan ke depan dengan mata yang mengisyaratkan kekesalan atau dengan mata yang melotot sambil menggertakan gigi-giginya? Bagaimana yang Anda pikirkan ketika melihat atau memperhatikannya? Atau ketika melihat seseorang dengan mata yang berbinar dan senyuman di bibirnya, mana yang lebih Anda sukai?

Disini saya tidak akan membahas tentang wajah selfie atau gaya berfoto ria yang sedang tren masa sekarang. Saya hanya ingin mengingatkan betapa raut muka atau wajah itu sangat mempengaruhi persepsi orang lain terhadap diri kita. Sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain maka kita harus lebih dahulu melakukannya kepada orang lain meskipun hanya dengan raut muka yang ceria dan tersenyum.

Benar apa benar kita lebih suka seseorang dengan wajah yang tersenyum daripada wajah yang cemberut? Atau ada diantara pembaca yang suka dengan orang yang memberinya wajah yang cemberut? Wallohu a`lam… Yang pasti memberi wajah yang ceria kepada sesama merupakan salah satu kebaikan sebagaimana yang tertulis dalam hadist Rasulullah SAW yang artinya : dari Abu dzar RA, ia berkata “Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku : “Janganlah sekali-kali engkau meremehkan kebaikan, walau sekedar bertemu saudaramu dengan wajah ceria” (HR. Muslim).

Kebaikan bukan saja hanya dengan memberi suatu berupa materi kepada orang lain. Namun dengan memberinya sebuah senyuman yang tulus pun itu merupakan suatu kebaikan yang bukan hanya kita saja yang senang dengan senyuman tersebut namun orang lain pun juga demikian akan sama senangnya. Selain itu wajah yang tersenyum juga dapat membuat kita awet muda karena kita hanya menggunakan lebih sedikit otot-otot wajah yang digunakan daripada saat kita sedang cemberut atau marah. Dan ingat jangan sampai tersenyum sendiri yah.