Cara Mengusir Semut

By | February 26, 2013 |
128 views

Cara Mengusir Semut

anfaku.com – Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Kadang kala, keberadaan semut di sekitar kita sangat lah mengganggu. Ada saja cara yang di lakukan sekelompok semut untuk mendapatkan makan yang mereka sukai.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengusir semut :

1. Tuangkan air jeruk limau di sekitar area yang kerap dilewati semut.

2. Taburkan kayu manis atau letakkan sebuah kantong dari katun tipis yang telah diisi kayu manis di tempat yang kerap dilewati semut. Kayu manis adalah pilihan yang sangat populer dengan banyaknya pengalaman dari pembaca yang menyatakannya sangat efektif.

3. Baking soda dapat mencegah semut. Taburkan membentuk sebuah garis penuh di tempat yang menjadi aktivitas para semut, mereka tidak akan melintasi garis tersebut.

4. Bubuk kopi yang ditaburkan melingkar pada tanaman dapat mencegah datangnya semut.

5. Oleskan campuran kulit jeruk dan air pada suatu tempat untuk membuat semut tidak berani melewati tempat tersebut.

6. Semut membenci cuka, jadi semprotkan cuka di sekitar pintu atau daerah lainnya untuk mengusir mereka. Menempatkan sebuah kontainer kecil berisi campuran cuka dan madu di tempat yang kerap menjadi aktivitas para semut juga memiliki efek yang sama.

7. Seorang pembaca melaporkan bahwa bedak bayi dapat menghentikan semut hingga mati di tempatnya.

8. Tuangkan air mendidih di atas jalur yang dilewati semut. Hal ini akan menghancurkan aroma jejaknya.

9. Taburkan bubuk cengkeh di sekitar wadah tempat makan hewan peliharaan.

10. Singkirkan batu dan kayu di sekeliling kebun.