Tips Hemat Berbelanja

By | August 14, 2013 |
160 views

Tips Hemat Berbelanja

anfaku.com – Ketika mendengar kata belanja, selalu identik dengan hobi seorang wanita. Kebanyakan dari para wanita selalu menyerbu barang-barang yang sedang memperoleh Diskon besar, padahal barang yang di beli belum tentu adalah barang yang benar-benar di butuhkan. Bahkan tak jarang para wanita ada yang sekedar beli tas mahal, tetapi hanya di gunakan sekali dan selanjutnya di tumpuk di tempat koleksi.

Melihat kondisi kebiasan berbelanja yang hanya akan menguras kantong saja, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum berbelanja. Dikutip dari Mag for Women, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda berhemat dalam belanja.

1. Kenali masalah Anda
Salah satu cara yang paling penting dan efektif untuk bisa mengatasi kecanduan belanja yaitu dengan cara mengenali masalah Anda. Biasanya, masalah pengeluaran berakar dalam emosi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab untuk mengatasi kecanduan belanja tersebut.

2. Hindari promosi
Biasanya pemasar produk membuat hal-hal yang menguntungkan dengan menawarkan layanan khusus. Misalnya memberikan diskon atau promo seperti beli satu, gratis satu. Ini yang selalu menarik perhatian pembeli, sehingga mereka tergoda dengan penawaran tersebut dan membelinya.

3. Singkirkan kartu kredit
Kartu kredit mempermudah para shopaholics untuk bisa belanja setiap saat. Benda ini biasanya membuat Anda merasa dapat membeli apa saja dan segalanya. Tetapi pada akhirnya, Anda harus membayar tagihan yang menumpuk, beserta bunga yang besar.

4. Berpikir sebelum berbelanja
Sebelum memutuskan untuk berbelanja, berpikirlah terlebih dahulu apakah barang yang ingin dibeli tersebut penting atau tidak. Ini akan membantu Anda untuk menyadari bahwa Anda terlibat dalam biaya yang salah ketika akan memutuskan untuk membelinya.

5. Buat daftar belanja
Membuat daftar belanja ketika ingin pergi ke supermarket atau mal, merupakan hal yang sangat penting. Ini akan membantu Anda untuk tetap fokus pada daftar tersebut, sehingga menghindari pengeluaran yang berlebihan.

6. Menghabiskan waktu dengan orang terdekat
Daripada menghabiskan uang hanya untuk berbelanja sesuatu yang tidak penting, lebih baik menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, atau kekasih. Selain bisa quality time, ini akan memperkuat ikatan Anda dengan mereka.

7. Mencari bantuan
Jika berbagai cara sudah Anda lakukan agar bisa keluar dari kebiasaan berbelanja yang tidak penting, sebaiknya carilah bantuan dari teman dan keluarga. Anda juga bisa mencari bantuan profesional atau terapis jika tidak bisa keluar dari situasi tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk menghemat belanja.

Author: Andi Fajar

Seorang WebMaster dan Web Developer, pekerjaan sehari - hari adalah maintenance website, membuat desain, memodifikasi tampilan website.