Tips Mencegah Kanker Serviks

By | September 3, 2014 |
59 views

Tips Mencegah Kanker Serviks

anfaku.com – Selain kanker payudara, kanker serviks adalah penyakit mematikan yang mengincar perempuan. Umumnya penyakit ini tidak bisa dideteksi di fase-fase awal. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan diri dari kanker serviks, dikutip dari health.detik.com :

1. Mendapat vaksin Human Papilloma Virus (HPV)

Vaksin HPV dapat mencegah HPV, virus yang paling banyak menyebabkan kanker di vagina dan serviks. Vaksin ini direkomendasikan diberikan kepada perempuan belia berusia 11-12 tahun, meskipun bisa pula diberikan kepada gadis usia 9 tahun. Vaksin bisa juga diberikan kepada perempuan dengan usia lebih tua yang sebelumnya belum mendapatkan vaksin tersebut.

Vaksin ini mampu memberikan perlindungan terhadap HPV 16 dan 18 yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks. Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia merekomendasikan perempuan yang melakukan vaksin ini berusia 10-55 tahun. Sedangkan Ikatan Dokter Anak Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan perempuan berumur lebih dari 10 tahun. Sementara Panduan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menyarankan vaksin dilakukan oleh perempuan berusia sekitar 12-55 tahun.

2. Lakukan Skrining

Untuk pencegahan kanker serviks, secara teratur seorang perempuan perlu mengunjungi dokter untuk melakukan pap smear. Dengan pap smear, lesi prakanker serviks dan infeksi HPV bisa dideteksi dini.

“Saat akan melakukan pap smear jangan melakukan hubungan seksual dalam 24 jam atau pemberian obat pervaginaan dalam 48 jam karena bisa menyebabkan sel abnormal tidak terdeteksi,” tutur Dr dr Junita Indarti, SpOG (K), Pimpinan Unit Women Health Center, RSCM, beberapa waktu lalu.

dr Junita mengatakan jika ingin hasil skrining yang lebih akurat, maka pap smear diikuti dengan skrining Human Papilloma Virus Liquid Based Cytology. Karena pemeriksaan gabungan pap smear dan HPV LBC memberikan akurasi maksimal, di mana sensitivitasnya mencapai 100 oersen dan memiliki nilai perediksi negatif 100 persen.

3. Jangan Merokok

“Merokok, minum alkohol dan sering berganti pasangan merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan probabilitas kanker leher rahim,” papar dr Adi Sasongko, MA, direktur Pelayanan Kesehatan dari Yayasan Kusuma Buana.

Ya, merokok adalah salah satu faktor risiko kanker serviks. Namanya juga faktor risiko, jadi tidak pasti akan menyebabkan kanker serviks. Hanya saja hal-hal tersebut membuat risiko terkena kanker serviks menjadi lebih besar.

4. Jangan Berganti-ganti Pasangan

Mengingat HPV ditularkan melalui hubungan seks, maka itu hindarkan diri dari berganti-ganti pasangan. Tidak ada seorang pun yang tahu apakah seorang pria membawa virus tersebut. Karena itu setialah hanya dengan satu pasangan yang sah dan pastikan pasangan Anda tidak membawa HPV.

5. Gunakan Kondom Saat Berhubungan Intim

HPV ditularkan seorang pria kepada pasangannya. Untuk meminimalkan berpindahnya virus, maka sebaiknya gunakanlah kondom saat berhubungan intim.

Author: Andi Fajar

Seorang WebMaster dan Web Developer, pekerjaan sehari - hari adalah maintenance website, membuat desain, memodifikasi tampilan website.