Tips Mencegah Tulang Keropos Saat Tua

By | September 1, 2014 |
62 views

Tips Mencegah Tulang Keropos Saat Tua

anfaku.com – Tulang yang sehat dan kuat akan membuat masa tua lebih produktif dan bermanfaat. Namun tak jarang orang-orang yang sudah memasuki usia paruh baya yang merasakan sakit punggung, postur tubuh tak sempurna atau tak kuat lagi berjalan karena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal itu disebabkan karena diet mereka yang kurang kalsium di usia muda. Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sedikitnya 800 – 1000 mg per hari dan sebaiknya didapatkan tidak dari suplemen atau pil kalsium, melainkan bahan-bahan alami. Ini dia sembilan makanan untuk cegah osteoporosis di hari tua, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.

1. Sayuran
Sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, beetroot dan okra juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Rajin makan sayuran ini akan membuat tulang kuat sampai lama dan mencegah osteoporosis.

2. Kacang
Kacang-kacangan seperti almond, pistchio, hazelnut, mede atau walnut mengandung kalsium, magnesium, mangan dan fosfor yang membantu menguatkan tulang. Konsumsilah kacang sebagai camilan sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Tapi perlu diingat, kacang juga tinggi akan kalori dan lemak jadi sebaiknya batasi konsumsinya tak lebih dari satu genggaman tangan orang dewasa.

3. Susu dan Produk Olahannya
Bagi yang tidak memiliki intoleransi laktosa (alergi susu), bisa menambahkan susu rendah lemak atau produk olahannya seperti keju atu yoghurt ke dalam menu harian Anda. Kalsium dan protein yang terdapat dalam susu membantu menjaga kepadatan tulang, membuatnya kuat dan sehat.

4. Buah Kaya Vitamin C
Jenis buah seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan nanas kaya akan vitamin C yang juga diperlukan tubuh untuk menguatkan tulang. Jangan lupa juga masukkan pisang dan apel sebagai variasi konsumsi buah agar tidak bosan.

5. Kurma
Buah yang banyak ditemui saat berbuka puasa ini merupakan sumber kalsium dan mangan yang baik. Mineral tembaaga dan magnesium baik untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang.

6. Biji-bijian
Kedelai, polong, kacang merah dan lentil merupakan jenis biji-bijian yang juga kaya kalsium. Dalam 100 gram biji-bijian, terdapat 200 mg kalsium.

7. Telur
Telur merupakan sumber berbagai macam mineral yang baik. Seperti diketahui, mineral seperti magnesium, kalsium, tembaga dan mangan sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu telur juga mengandung vitamin D untuk tulang sehat lebih lama.

8. Ikan
Ikan yang berasal dari perairan laut dalam seperti sarden, salmon, tuna dan mackerel memiliki kandungan kalsium dan mineral yang banyak. Ketika dikonsumsi bersama durinya, kandungan kalsium yang didapatkan tubuh bisa tiga kali lebih banyak.

9. Omega 3
Konsumsilah makanan atau suplemen yang mengandung omega 3. Jenis asam lemak ini bisa mencegah penyakit tulang kronis seperti rematik, radang sendi dan osteoporosis. Omega 3 bisa didapat dari minyak ikan, flaxseed dan biji labu kuning.

 

Author: Andi Fajar

Seorang WebMaster dan Web Developer, pekerjaan sehari - hari adalah maintenance website, membuat desain, memodifikasi tampilan website.