Tips Menggunakan Make-up untuk Menutupi Jerawat

By | August 28, 2014 |
41 views

Tips Menggunakan Make-up untuk Menutupi Jerawat

anfaku.com – Wajah yang berjerawat memang bisa mengurangi kepercayaan diri, apalagi ketika harus tampil cantik dengan make-up untuk menghadiri pesta atau undangan pernikahan teman. Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, berikut ini adalah tips dari wolipop.detik.com yang bisa dicoba untuk menutupi tampilan noda dan kemerahan dengan make-up.

Namun perlu diingat, aplikasi make-up sebaiknya hanya pada momen-momen tertentu saja yang memang mengharuskan Anda memakainya. Sedangkan untuk keseharian, cukup kenakan pelembab, sunblock dan bedak tabur. Ini langkah-langkah make-up untuk samarkan jerawat dari make-up artist Sally Cairns, seperti dikutip dari Female First.

1. Gunakan Primer
Setelah wajah dibersihkan, oleskan pelembab bertekstur ringan dan diamkan selama 2-3 menit agar formulanya meresep. Kemudian gunakan primer atau make-up base. Gunanya untuk menyamarkan kerutan dan menghaluskan sekaligus meratakan tekstur kulit. Selain itu primer juga membuat riasan lebih tahan lama.

2. Foundation
Gunakan foundation yang formulanya bebas lemak. Lebih baik yang teksturnya cair atau berbentuk gel. Foundation jenis ini berfungsi meratakan warna kulit, menyamarkan noda dan jerawat tanpa terlalu menyumbat pori yang bisa menyebabkan jerawat makin meradang.

3. Concealer
Concealer tidak untuk dipakai ke seluruh wajah, karena bisa menyumbat pori dan menambah banyak jerawat. Pilih concealer yang warnanya sama atau satu tingkat lebih gelap dari tone kulit. Ambil concealer dengan jari, lalu terapkan hanya pada bagian yang berjerawat. Tepuk-tepuk menggunakan jari manis sampai concealer membaur dengan kulit dan terlihat natural.

4. Bedak
Bubuhkan bedak secara tipis dan merata ke seluruh wajah hingga leher. Pakailah bedak tabur karena lebih ringan dan lebih aman untuk kulit berjerawat. Bedak tabur juga bisa membantu menyerap kelebihan minyak. Hindari pemakaian bedak padat karena jenis bedak ini mengandung minyak dan menutupi pori-pori yang bisa memperparah jerawat.

5. Blush On & Bronzer
Blush on dan bronzer bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan glowy. Tapi bagi kulit berjerawat, dua alat make-up ini bisa jadi ‘bencana’. Blush on, bronzer, shimmering powder dan sejenisnya memiliki partikel cahaya di dalam bubuknya yang bisa menyumbat pori. Saat wajah masih berjerawat, sebaiknya hindari memakai blush on dan bronzer.

6. Kosmetik Matte
Make-up dengan efek matte paling ideal untuk kulit berjerawat. Gunakan foundation, concealer dan bedak dengan hasil akhir yang tidak mengkilap karena akan membantu membuat tonjolan jerawat tidak terlalu nampak. Sebaliknya, make-up wajah yang memberi efek glossy justru akan membuat jerawat makin jelas terlihat.

Author: Andi Fajar

Seorang WebMaster dan Web Developer, pekerjaan sehari - hari adalah maintenance website, membuat desain, memodifikasi tampilan website.