Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Saat Bekerja Lembur

By | September 3, 2014 |
39 views

Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Saat Bekerja Lembur

anfaku.com – Sebagai pekerja yang professional, tidak jarang kita harus berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk. Bahkan, seringkali kita harus lembur untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang harus di selesaikan hari itu juga. Di saat seperti itu, rasa kantuk dan lelah sudah pasti akan menghampiri kita. Tak jarang kita jadi kurang berkonsentrasi bahkan jadi jatuh sakit karenanya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi kerja lembur agar berjalan dengan sukses namun kesehatan tetap terjaga. Dikutip dari wolipop.detik.com :

1. Asupan Bergizi
Sibuk kerja dan kurang tidur adalah kombinasi sempurna untuk membawa seseorang terkena penyakit. Untuk itu, selain mencicil istirahat jagalah kesehatan dengan makan teratur dan mengkonsumsi asupan bergizi. Komsumsilah makanan tinggi protein seperti dada ayam atau salmon. Hindari makanan banyak karbohidrat karena akan membuat mudah mengantuk. Selain makanan utama, Anda juga bisa memperoleh protein dari kudapan seperti kacang-kacangan.

2. Cicil Tidur
Lembur semalaman pasti membuat kita kurang istirahat. Cara mengatasinya agar tidak terlalu mengantuk tentu saja dengan ‘mencicil tidur’. Beberapa hari sebelum bekerja hingga larut, sebaiknya Anda menjaga waktu istirahat yakni minimal tujuh jam sehari. Jika bisa, pergunakan juga waktu istirahat hari itu untuk tidur siang walau sebentar.

3. Daftar Tugas
Saat malam hari kemampuan kognitif menjadi berkurang. Padahal kita tengah mengerjakan tugas yang bisa jadi paling penting. Untuk itu, kerjakanlah terlebih dahulu tugas yang membutuhkan berpikir dan menghitung. Setelah selesai, barulah Anda bisa menyelesaikan tugas yang bersifat rutin seperti mengatur dokumen.

4. Lampu Terang
Saat sedang bekerja lembur, pastikan pula agar lampu ruangan kantor menyala dengan terang. Karena jika penerangan redup, tubuh bisa mengartikan bahwa itu waktunya untuk tidur. Hindari pula menggunakan lampu yang memancarkan cahaya kekuningan yang menurut penelitian bisa membuat kita lebih mengantuk.

5. Ruangan Hangat
Jika Anda akan lembur sampai pagi, pastikan ruangan tidak terlalu dingin. Temperatur ruangan yang hangat dibutuhkan agar Anda tidak mudah jatuh sakit. Hal ini dikarenakan suhu tubuh kita menurun pada jam tiga sampai empat dini hari. Jadi, jika suhu ruangan rendah, Anda pun akan merasa lebih dingin.

6. Tidur Pagi
Sebagian perusahaan menuntut pekerjanya untuk tetap masuk kerja setelah lembur semalaman, tentu dengan sejumlah keringanan. Untuk kembali bugar pada hari tersebut, segeralah tidur setelah tugas selesai. Berilah waktu setidaknya dua jam demi mengembalikan energi tubuh. Jika Anda harus pulang ke rumah, hindari menyetir sendiri. Karena berkendara setelah sehari tak tidur sangat berbahaya untuk Anda dan pengendara lain.

7. Minum Kopi
Baik lembur atau tidak, kopi sering diandalkan para karyawan untuk membuat mereka tetap terjaga. Namun minum kopi juga butuh strategi. Konsumsilah asupan berkafein hanya pada saat sedang bekerja lembur. Terlalu banyak minum kafein bisa menyebabkan penyakit maag pada beberapa orang yang sensitif.

Author: Andi Fajar

Seorang WebMaster dan Web Developer, pekerjaan sehari - hari adalah maintenance website, membuat desain, memodifikasi tampilan website.